Beranda » Wisata Alam » Megahnya Istana Ratu Boko Yogyakarta

Beruntungnya kita yang menjadi bagian dari negara Indonesia dengan kekayaan alam serta budaya serta berbagai peninggalan bersejarah. Ya, di Indonesia banyak ditemukan peninggalan bersejarah berupa candi yang merupakan istana atau gerbang kerajaan atau peradaban di masa lampau. Setidaknya, ratusan candi ditemukan di wilayah pulau Jawa dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Satu diantara wilayah pulau Jawa yang terkenal dengan kemegahan candinya adalah Yogyakarta.

Yogyakarta merupakan Daerah Istimewa yang sampai saat ini masih memegang nilai-nilai budayanya. Setidaknya kota istimewa ini juga menyimpan banyak peninggalan bersejarah yang berupa candi. Salah satu kemegahan candi peninggalan masa lalu yang ada di kota Yogyakarta adalah Istana Ratu Boko atau yang juga dikenal dengan nama Candi Ratu Boko. Kemegahan candi ini pun tidak kalah dengan Prambanan atau Borobudur yang lebih dulu dikenal sebagai obyek peninggalan sejarah yang indah. Seperti apa keunikan Istana Ratu Boko yang ada di Yogya? Simak ulasan singkatnya yuk!

1. Keistimewaan Candi Ratu Boko

Istana atau Candi Ratu Boko terdiri dari dua bagian bukit barat dan timur. Pada bagian barat, akan kamu jumpai jalan setapak, saluran air, kolam hingga fragmen gerabah. Nah, untuk bagian istana yang berada di timur terdapat tiga bagian utama yang berisikan peninggalan berupa talut, candi batu putih umpak, batur paseban, bangunan pendopo dan masih banyak lagi.

2. Asal Usul Penamaan

Candi Ratu Boko diyakini masyarakat memiliki kaitan erat dengan Candi Prambanan. Nama Candi Ratu Boko sendiri diambil dari nama ayah Loro Jonggrang yang sangat erat hubungannya dengan kisah Candi Prambanan. Lokasinya yang berdekatan juga meyakinkan masyarakat akan kisah legendaris tersebut

3. Akses Menuju Lokasi

Candi Ratu Boko berada di dua lokasi seklaigus yaitu Dukuh Dawung Desa Bokoharjo serta Dukuh Sumberwatu desa Sambirejo. Kedua dukuh tersebut berada di wilayah kecamatan yang sama yaitu Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Akses menuju ke lokasi ini tidaklah sulit, karena kompleks candi berada tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Yogya menuju Candi Ratu Boko adalah sekitar 18 kilometer saja. Dari Yogya kamu hanya perlu melanjutkan ke Jalan Solo. Setelah sampai di kilometer 17, ambil arah Piyungan dan lanjutkan 5 menit perjalanan kamu yang akan disambut dengan tanda masuk menuju kawasan wisata Candi Ratu Boko. Atau untuk memudahkan, kamu bisa mencari tiket terusan dari Candi Prambanan yang akan nantinya akan mengantarkan wisatawan menuju Candi Ratu Boko setelah dari Prambanan.

4. Fasilitas yang Ditawarkan

Fasilitas di sekitar Istana Ratu Boko sudah terbilang lengkap. Pengunjung bisa menikmati restoran, plaza Andrawina yang biasa digunakan sebagai tempat pertemuan berkapasitas 500 orang, jalur trekking, paket edukasi, pemandu, toilet, area parkir luas, hingga bumi perkemahan.

5. Tiket Masuk serta Tips Sebelum ke Candi Ratu Boko

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Istana Ratu Boko, harus memerhatikan jam kunjungan ya! Pasalnya, harga tiket untuk masuk ke lokasi ini dibedakan berdasarkan waktu kunjungan. Pada kunjungan pukul 06.00 pagi hingga pukul 15.00 sore hari, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 hingga Rp 25.000 bergantung pada umurnya. Kemudian saat berikutnya adalah waktu kunjungan pukul 15.00 sore yang biasanya dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati sunset harga tiket akan naik menjadi Rp 100.000,-. Nah, buat kamu yang ingin tiket terusan dari Candi Prambanan menuju Ratu Boko juga dikenakan tarif sebesat Rp 45.000,-

Demikian artikel informatif tentang Megahnya Istana Ratu Boko Yogyakarta sebagai referensi liburan akhir pekan kamu. Semoga bermanfaat!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!