Beranda » Kuliner » Kuliner Gudeg di Kampung Wijilan

Apa yang terlintas dalam benak kamu saat mendengar kata Gudeg? Pastinya akan kembali mengingatkanmu dengan kuliner khas Yogyakarta yang memiliki citarasa manis dan lezat ya! Gudeg memang dikenal sebagai makanan khas Yogyakarta yang sudah terkenal tidak hanya di wilayah nusantara saja tetapi juga mendunia. Ya, sajian yang dibuat dari nangka muda  dan dipadukan dengan kuah legit kental ini memang menjadi daya tarik tersendiri di kota pelajar tersebut.

Bagi kamu yang sudah pernah berkunjung ke Yogyakarta, pasti hambar kalau belum mencoba sajian nikmat yang satu ini. Dari banyaknya kuliner yang ditawarkan di Yogya, Gudeg menjadi yang istimewa hingga menjadi sebutan lain untuk kota tersebut, yakni kota Gudeg. Nah, untuk menikmati lezatnya kuliner yang satu ini kamu bisa memutuskan perjalanan liburan kamu dengan mengunjungi Kampung Wijilan. Satu kampung terkenal dengan deretan warung yang menyediakan makanan khas Yogya tersebut. Seperti apa uniknya Kampung Wijilan? Yuk simak infonya!

Kampung Wijilan memang dikenal menyajikan deretan warung yang sengaja menjual Gudeg khas Yogya. Mulai dari Gudeg basah yang bisa kamu nikmati langsung di tempat, hingga Gudeg kering yang populer dijadikan sebagai oleh-oleh ke luar kota. Makanan yang diracik menggunakan rempah khas, santan, gula jawa, krecek, serta nangka muda tersebut berhasil menjadi sajian yang istimewa saat wisatawan mengunjungi Yogyakarta. Nah, berlibur ke Yogyakarta kamu pun wajib mencicipi lezatnya Gudeg nih!

Singgah di Kampung Wijilan adalah pilihan yang tepat buat kamu yang tengah lapar menantikan makan siang. Kampung Wijilan atau yang juga dikenal sebagai Kampung Gudeg dan Sentra Gudeg ini berada di lokasi strategis sehingga tidak menyulitkan kamu yang ingin kesana. Lokasinya tepat berada di tengah kota yang masih termasuk bagian dari Keraton Yogyakarta. Kampung Wijilan tepatnya berada di Jeron Benteng yang merupakan pusat tempat tinggal para abdi dalem.

Tidak sulit menemukan sentra Gudeg Wijilan yang berada dekat dengan Alun-Alun Utara Yogyakarta ini. Kamu hanya perlu mengitari Alun-Alun Utara ke arah timur, kemudian berjalan ke selatan sampai menemukan gapura berwarna putih. Dari sana, penunjuk jalan “Sentra Makanan Khas Gudeg” bisa kamu temukan. Dari sekian banyaknya warung Gudeg di Kampung Wijilan, yang tertua adalah warung milik Bu Slamet yang sudah berdiri sejak tahun 1946 silam.  Kamu bisa menikmati sajian Gudeg basah dan kering dengan harga yang terjangkau antara Rp 10.000 hingga Rp 120.000 saja.

Nah, buat kamu yang sudah plesiran menuju kota Yogyakarta, sepertinya wajib mampir kesini ya! Jangan hanya menikmati pesona alamnya saja, kuliner Yogyakarta yang selalu dirindukan juga sayang jika kamu lewatkan.

Demikian artikel informatif tentang Wisata Kuliner di Kampung Wijilan. Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi liburan kamu!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!