Beranda » wisata buatan » Embung Batara Sriten Yogyakarta

Panorama Gunung Kidul masih menjadi daya tarik istimewa di selatan Yogyakarta. Satu dari sekian banyak pesona alam yang ada di kawasan ini adalah telaga buatan yang bernama Batara Sriten. Batara Sriten merupakan nama telaga buatan yang berada di puncak tertinggi Gunung Kidul, Yogyakarta. Keindahan tempat ini dilihat dari tepian telaga yang menyajikan pemandangan indah dan eksotisnya awan senja. Selain itu, perbukitan dengan lanskap yang romantis tergambar luas untuk menarik mata setiap pengunjung.

Kawasan Embung Batara Sriten merupakan obyek wisata yang resmi dibuka tahun 2014 lalu, oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. Berada di ketinggian 859 meter di atas permukaan laut, Embung Batara Sriten menawarkan pesona pegunungan Baturagung bagian utara yang lengkap dengan indahnya telaga buatan tertinggi di Gunung Kidul tersebut. Selain sebagai obyek wisata yang menarik, Embung Batara Sriten juga sebagai penampungan air bagi agrowisata buah klengkeng dan manggis yang ada di sekitar kawasan ini.

Kesejukan hawa saat sore hari akan langsung menyapa pengunjung dan terasa juga hawa dingin khas puncak gunung yang bisa kamu rasakan di lokasi ini. Perjalanan menyusuri telaga akan terasa sangat nikmat dengan hawa sejuk yang demikian. Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan puncak Mangir yang tepat berada di belakang Embung Batara Sriten tersebut.

Embung Batara Sriten tidak hanya berfungsi sebagai tempat penampungan air dan telaga buatan saja. Ada pula kegiatan olahraga dirgantara yang dilakukan di tempat ini. Kawasan Embung Batara Sriten juga seringkali dijadikan tempat singgah ketika aero sport seperti paralayang, paramotor atau gantole dilakukan dari Puncak Mangir. Nah, banyak yang bisa kamu lakukan di tempat ini. Selain hunting foto yang pastinya menyenangkan, kamu juga bisa menunggu pemandangan sunset nan romantis saat senja tiba. Ada juga fasilitas camping yang disediakan oleh pihak pengelola bagi pengunjung yang ingin mendirikan tenda dan menikmati pemandangan di sekitar telaga.

Akses menuju ke Embung Batara Sriten sangat mudah. Embung Batara Sriten berada di perbukitan Baturagung Utara, padukuhan Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogya, kamu bisa menuju ke Embung Batara Sriten dengan menempuh 1,5 jam perjalanan. Nah, untuk masuk ke area Embung Batara Sriten, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp 3.000,- saja per orang. Sementara untuk biaya parkir kendaraan, pengunjung bisa membayar Rp 2.000,- hingga Rp 5.000,- bergantung jenis kendaraannya.

Ada beberapa tips yang disarankan ketika kamu mengunjungi telaga buatan Batara Sriten ini. Tentang waktu berkunjung yang baik adalah pagi dan sore hari. Pasalnya, pada waktu tersebut kawasan ini tidak disertai terik matahari yang menyengat. Kemudian, periksa kembali kondisi kendaraan yang akan kamu bawa, jalur menuju Embung Batara Sriten dikenal terjal sehingga kendaraanmu harus berada di kondisi prima.

Demikian artikel informatif tentang Embung Batara Sriten yang bisa jadi rekomendasi tempat liburan kamu di Yogyakarta. Selamat berlibur ya!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!