Beranda » Tempat Belanja » Belanja Murah di Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo dikenal sebagai pasar tertua serta paling besar yang ada di kota Yogyakarta. Namanya semakin fenomenal seiring berjalannnya waktu dengan inovasi serta keragaman barang yang dijual di pasar tersebut. Ada pula yang menyebutnya sebagai pasar unik yang ada di Yogya karena ragam barang yang dijual tidak hanya barang modern saja, tetapi juga banyak pedagang yang menjual barang ciri khas masa lalu. Nama Pasar Beringharjo juga sangat berkaitan dengan Keraton Yogyakarta. Inilah yang membuat pasar Beringharjo sangat melekat di hati masyarakat Yogyakarta maupun mereka yang mengunjungi kota pelajar tersebut.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan uniknya pasar Beringharjo serta barang apa saja yang dijual di pasar yang berada di Jalan Achmad Yani 16 itu, simak ulasan singkatnya berikut ini ya!

1. Asal Usul Nama

Pasar Beringharjo memulai transaksi jual-beli setelah berdirinya Keraton Yogyakarta, yakni sekitar 1758 silam. Tepat di tahun 1925, Keraton Yogyakarta kemudian menugaskan Perusahaan Beton Hindia-Belanda untuk membangun los pasar yang berkembang hingga kini secara bertahap. Nama Beringharjo sendiri berasal dari gabungan dua bahasa Jawa yaitu “Bering” yang berarti “hutan beringin” dan “harjo” yang berarti kesejahteraan. Nama tersebut disematkan Sri Sultan Hamengku Buwono  VIII di tahun 1925.

2. Tata Ruang Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo terdiri dari dua bangunan terpisah. Pada bagian barat yang merupakan bangunan utama memiliki dua lantai, sedangkan bangunan kedua di bagian timur tersusun tiga lantai. Tepat di bagian barat bangunan merupakan pintu masuk utama yang juga berhadapan dengan jalan legendaris Malioboro. Ternyata pembangunan tata ruang pasar Beringharjo ini juga merupakan pola penataan kota Kesultanan Yogyakarta yang dikenal dengan nama Catur Tunggal. Arsitektur bangunan pasar juga identik dengan paduan tradisional Jawa dan gaya kolonial.

3. Perkembangan Hingga Saat Ini

Hingga saat ini kondisi pasar Beringharjo sudah semakin berkembang pesat. Pemerintah Kota Yogyakarta pun menjadikannya sebagai pasar representatif yang kemudian menugaskan pembangunan demi pembangunan hingga berdirinya banyak kios seperti saat ini. Selain itu, promosi juga gencar dilakukan bagi warga lokal disana untuk menarik wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Bersaing dengan kualitas barang yang bagus dan harganya yang murah membuat pasar Beringharjo selalu menjadi tujuan para wisatawan yang juga ingin memuaskan naluri berbelanja mereka.

4. Keramahan Terhadap Konsumen

Pasar Beringharjo memang dikenal sebagai salah satu pasar yang menjadi daya tarik wisata di kota Yogyakarta. Atas dasar ini pula,seluruh masyarakat kota Yogyakarta mengupayakan berbagai cara agar pasar Beringharjo semakin menjadi magnet bagi wisatawan untuk mengunjungi Yogyakarta. Selain menyediakan berbagai kebutuhan, pedagang disana juga memiliki keramahan yang begitu istimewa.

5. Ragam Barang yang Dijual

Pasar Beringharjo dikenal sebagai pasar terlengkap di wilayah Yogyakarta. Sebagai pasar terlengkap dan terbesar, pasar Beringharjo menawarkan banyak barang dagangan dari para penjual yang umumnya merupakan warga lokal Yogyakarta. Tidak hanya jajanan khas kota Yogyakarta, di pasar ini kamu juga bisa menjumpai bermacam jenis pakaian, barang antik, jamu tradisional, batik, uang kuno, hingga kuliner cepat saji khas kota Gudeg.

Demikian artikel informatif tentang wisata belanja di pasar Beringharjo yang bisa jadi pilihan kamu saat ingin berbelanja dengan murah saat di Yogyakarta. Selamat berlibur ya!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!